PEMBINAAN DAN MONITORING TERHADAP PENYELENGGARAAN REFORMASI BIROKRASI SERTA PENILAIAN MANDIRI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI (PMPRB) DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PINRANG

Tim Akselerasi Reformasi Birokrasi (RB) Pemprov Sulsel melakukan pembinaan dan monitoring terhadap penyelenggaraan Reformasi Birokrasi serta Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pinrang, pada hari Jumat, (9/10/2020) yang lalu yang difasilitasi oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda Kab. Pinrang tersebut dihadiri narasumber dari Pemprov SulSel yaitu Kepala Biro Organisasi Setprov SulSel Hj. Andi Mirna, S.H, Kepala Bagian Kelembagaan dan Anjab Biro Organisasi, Baso Mannyurungi, S.H., M Si dan juga Guru Besar Ilmu Administrasi Publik Unhas Prof. Dr. Sangkala, M.Si selaku Pakar Hukum Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).  

Andi Mirna menyebut hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan reformasi birokrasi dan pada area Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada beberapa instansi pemerintah kabupaten/kota di Sulsel yang menunjukkan belum terjadinya perubahan signifikan mendorong Pemprov Sulsel melakukan pembinaan untuk mempercepat terjadinya reformasi birokrasi.

“Pertemuan ini merupakan upaya bagaimana caranya pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mengetahui sejauhmana kemajuan dari hasil pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang serta memberikan masukan dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun Berikutnya.

Menurut pemaparan Andi Mirna, ada 8 ( Delapan ) Area Perubahan Dalam Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yaitu Budaya Kerja Aparatur, Tatalaksana, SDM Aparatur, Peraturan PerUndang-Undangan, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan Publik dan Organisasi. Komitmen Pimpinan memiliki peran penting dalam implementasi program reformasi birokrasi sehingga melalui kegiatan ini juga diharapkan terbangunnya pemahaman dan motivasi di level pengambil kebijakan yang diyakini akan memaksimalkan kinerja reformasi birokrasi di organisasi pemerintah kabupaten/kota. 

“Kami berharap hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Indeks RB meningkat dari tahun sebelumnya. Nilai SAKIP Tahun 2019 Kategori B target menjadi BB dan Nilai Indeks Reformasi Birokrasi Tahun 2019 dari Kategori CC target menjadi B.

Penjelasan berikutnya oleh Prof. Sangkala yang mengharapkan agar pemkab pinrang segera merampungkan Road Map Reformasi Birokasi 2020 – 2024 paling lambat tahun ini. Disamping itu juga mengharapkan Pemkab Pinrang melaksanakan Bimtek Reformasi Birokrasi, SAKIP dan Road MAP untuk memudahkan penyusunan Peta Proses Bisnis (PROBIS) yang disesuaikan dengan Perda Kelembagaaan Yang Baru.

Dilanjutkan penjelasan singkat dari Andi Baso yang juga mengharapkan Penyederhananan Birokrasi harus selesai akhir tahun ini dengan mengacu Perda Kelembangaan baru yang belum lama ini disahkan.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Ir. Budaya yang membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya menyambut baik adanya dukungan asistensi penyelenggaraan reformasi birokrasi dari Pemrov Sulsel. Sekda menjelaskan pendampingan dan monitoring dari Pemprov Sulsel akan turut membantu Pemkab Pinrang dalam berakselerasi menyelesaikan pekerjaan rumah yang terkait dengan target pelaksanaan manajemen perubahan birokrasi. Menurut Bapak Sekda pembenahan awal dalam percepatan pelaksanaan RB di Kabupaten Pinrang yaitu Keterlibatan Pimpinan, Perubahan Pola Fikir serta Pola Kerja ASN.

Tercatat sejumlah rancana tindak lanjut yang dihasilkan dalam kegiatan ini. Tugas berat bagi teman-teman Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda Kab. Pinrang sebagai fasilitator kegiatan Reformasi Birokrasi dan SAKIP, serta Penyederhanaan Birokrasi,” ungkap Sekda.

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran pejabat struktural Pemkab Pinrang antara lain para Sekda, Kepala Bappeda, Inspektur, Kepala BKUD, Kadis Kominfo, Kepala BKD, Kabag Hukum, dan Kabag Ortala beserta jajarannya.

Admin Portala

See all author post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.